Sejarah Domino: 3 Fakta Penting Yang Jarang Orang Tahu

Kalau kamu familiar dengan permainan kartu gaple, sudah pasti seharusnya kamu tahu kalau itu termasuk dari permainan domino. Namun sayangnya, tidak banyak yang tahu mengenai sejarah domino itu sendiri. 

Untuk kamu yang memang sudah pandai dengan cara bermainnya, penting untuk kamu tahu bagaimana asal-usulnya kartu yang sampai sekarang disebut gaple di indonesia ini. 

Berikut adalah beberapa fakta dari sejarah permainan domino yang pernah disebut berasal dari Tiongkok. 

Fakta Pada Sejarah Domino

1. Disebut Berasal dari Tiongkok 

Yup, seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa jenis permainan domino disebut berasal dari Tiongkok. Namun sayangnya, sampai sekarang masih belum dipastikan siapa penemu jelasnya permainan kartu tersebut. 

Ada sumber yang menyebutkan bahwa penemu domino adalah Keung T’ai Kung pada abad 12 SM. Namun sejarah lainnya menyebutkan bahwa penemu permainan kartu tersebut adalah Hung Min. 

Hung Min menciptakan domino dengan tujuan agar para prajuritnya terjaga di malam hari supaya bisa tetap waspada jika ada musuh datang. 

Namun ada lagi sejarah yang mencatat bahwa permainan tersebut ditemukan di Tiongkok di tahun 1120 M oleh negarawan yang tidak disebutkan namanya. Lalu ia memberikan permainan tersebut ke kaisar Hui Tsung dan mulai disebar luaskan atas perintah dari Kekaisaran. 

2. Pernah Disebut Sebagai Pupai 

ria bernama Zhou Mi menulis permainan tertua yang diklaim berasal dari daerah Tiongkok pada selama Dinasti Yuan. Tulisan tersebut diberi judul Former Events in Wulin sekitar tahun 1232 sampai 1298. Hm, sudah tua sekali yah!. 

Pada tulisannya, Zhou Mi menyebutkan pupai yang berarti domino dan dadu sebagai barang yang akan dijual selama era pemerintahan Kaisar Xiaozong sekitar tahun 1162-1189. 

Dalam bukti lainnya berasal dari tulisan yang berjudul Encyclopedia of a Myriad of Treasures merupakan karya dari Zhang Pu. 

Zhang Pu menuliskan bahwa permainan tersebut melibatkan pupai atau kartu. Namun pada saat itu dijelaskan bahwa permainan pupai memiliki 32 kartu set tradisional. 

Nah, kalau sekarang sudah berbeda karena mengalami perubahan di masa pertengahan abad ke-18 yang hanya terdiri dari 28 kartu saja.

3. Menyebar ke Eropa Pada Abad ke-16

Kartu domino yang merupakan warisan dari negara Tiongkok diperkirakan mulai menyebar ke Eropa saat abad ke-16. 

Hal tersebut diklaim karena ditemukannya puing-puing dari Mary Rose di awal abad 16. Namun menurut Michael Dummett (seseorang penulis buku Game of Tarot), domino pertama kali disebarkan di Italia pada abad ke-18 di Venesia atau Napoli. 

Setelahnya domino mulai lagi menyebar ke Prancis dan menjadi tren di negara tersebut. Nah, di akhir abad ke-18, domino mulai masuk ke negara Inggris yang diperkirakan disebar oleh tawanan perang Prancis dan menjadi populer pada saat itu.

Jadi seperti itulah history domino hingga sekarang menjadi permainan kartu yang banyak diminati di seluruh dunia. Kalau kamu ingin mencoba permainan domino, kamu bisa mengunjungi dominoqq online yang menawarkan tempat bermain yang aman. 

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan tawaran kemenangan yang sangat menguntungkan. Jadi, tidak hanya sembarang bermain di sana. 

Kamu tidak memerlukan strategi khusus saat bermain domino, yang terpenting adalah pengetahuan kamu tentang aturan dan cara mainnya. Permainan domino banyak disukai karena memang merupakan game kartu yang simpel dan mudah dimainkan. Jadi kamu tidak hanya paham dengan sejarah domino namun juga pandai memainkannya.